Syi'ah Berkata : Abu Bakr dan 'Umar (Radhiyallaahu 'Anhumaa) Adalah Setan

Al-Kulaini, yang diberi gelar Tsiqotul Islam (di mata Syi'ah), dalam kitabnya Al-Kafi 8/334 memuat  riwayat :

محمد بن أحمد القمي، عن عمه عبدالله بن الصلت، عن يونس بن عبد الرحمن عن عبدالله بن سنان، عن حسين الجمال، عن أبي عبدالله (ع) قي قول الله تبارك و تعالى: " ربنا أرنا اللذين أضلانا من الجن والانس نجعلهما تحت أقدامنها ليكونا من الاسفلين (3) " قال: هما ثم قال: وكان فلان شيطانا 

....dari Abu 'Abdillah 'Alaihis Salaam berkata mengenai Firman Allah Tabaraka Wa Ta'ala (yang artinya) : "Dan orang-orang kafir berkata: "Ya Rabb Kami perlihatkanlah kepada Kami dua jenis orang yang telah menyesatkan Kami (yaitu) sebagian dari jin dan manusia agar Kami letakkan keduanya di bawah telapak kaki Kami supaya kedua jenis itu menjadi orang-orang yang hina". (QS Fushhilat : 29)
Beliau berkata, "Humaa (Yaitu mereka berdua)", kemudian beliau berkata kembali, "Si fulan adalah setan"

Al-Majlisi, dedengkot Ahli Hadits Syi'ah, dalam kitabnya Mirotul 'Uqul 26/488, menyatakan bahwa kedudukan riwayat tersebut adalah Hasan atau Muwatstsaq. Kemudian dia berkata :

قوله عليه السلام "هما" أي ابو بكر وعمر والمراد بفلان عمر أي الجن المذكور في الآية وعمر وإنما سمي به لأنه كان شيطانا إما لأنه كان شرك شيطان لكونه ولد زنا أو لأنه في المكر والخديعة كالشيطان وعلى الأخير يحتمل العكس بأن يكون المراد بفلان ابا بكر 

"Mengenai perkataan beliau (Abu 'Abdillah) Alaihis Salam "Humaa (Yaitu Mereka Berdua)" yaitu adalah Abu Bakr dan 'Umar. Dan yang dimaksud dengan si fulan adalah 'Umar. Yaitu jin yang disebutkan dalam ayat ini maksudnya adalah 'Umar. Hanya saja 'Umar disebut dengan jin karena ia adalah setan. Hal ini karena ia seperti setan, sebab ia adalah anak zina, atau karena ia adalah seperti setan dalam hal makar dan tipu daya. Dan berdasarkan yang terakhir ini maka memungkinkan sebaliknya bahwa yang dimaksud dengan si fulan adalah Abu Bakr."



-----oOo-----


Related Posts

No Response to "Syi'ah Berkata : Abu Bakr dan 'Umar (Radhiyallaahu 'Anhumaa) Adalah Setan"

Posting Komentar