Aku Dilahirkan Oleh Abu Bakr [Radhiyallaahu 'Anhu] Dua Kali

Kasyful Ghummah Fii Ma'rifatil-Aimmah 2/373
By Dedengkot 'Ali Al-Arbiliy

Disebutkan mengenai Imam Ja'far Ash-Shadiq :

أبو عبد الله جعفر بن محمد بن علي بن الحسين بن علي بن أبي طالب عليهم السلام الصادق وأمه أم فروة واسمها قريبة بنت القاسم بن محمد بن أبي بكر الصديق رضي الله عنه وأمها أسماء بنت عبد الرحمن بن أبي بكر الصديق ولذلك قال جعفر عليه السلام ولقد ولدني أبو بكر مرتين 

Abu 'Abdullah Ja'far bin Muhammad bin 'Ali bin Al-Husain bin 'Ali bin Abi Thalib -'Alaihim As-Salam- Ash-Shadiq. Ibunya adalah Ummu Farwah, dan namanya adalah Qaribah binti Al-Qasim bin Muhammad bin Abu Bakr Ash-Shiddiq Radhiyallaahu 'Anhu. Dan Ibunya (Ibu dari Ummu Farwah) adalah Asma binti 'Abdur-Rahman bin Abu Bakr Ash-Shiddiq. Karena itu Ja'far 'Alaihis Salam berkata : "Sesungguhnya Aku Dilahirkan oleh Abu Bakr dua kali"



Dan berikut yang dari Maktabah Syi'ah Online, terdapat pada hal. 374 di juz yang sama [juz 2] :

كشف الغمة - ابن أبي الفتح الإربلي - ج ٢ - الصفحة ٣٧٤ 


Lihat juga keterangan berikut [Silahkan di-klik lalu dibuka pada new-tab kemudian di-zoom agar pic menjadi lebih besar] :



Lihatlah, dengan nasab yang luar biasa tersebut Imam Ja’far mewarisi darah beberapa tokoh paling utama di bumi sekaligus, yang diantaranya adalah Abu Bakr Ash-Shiddiq Radhiyallaahu 'Anhu. Karenanya pula dengan bangga Imam Ja'far mengatakan : "Sesungguhnya aku telah dilahirkan Abu Bakr dua kali."

Hal itu karena nasabnya kembali kepada Abu Bakr dari dua jalur :
  • Pertama: Dari jalur Ibunya, Ummu Farwah binti Qosim bin Muhammad bin Abu Bakr.
  • Kedua: Dari jalur Nenek seIbunya, Asma' binti Abdur-Rahman bin Abu Bakr, yang merupakan Ibunya Ummu Farwah binti Qosim bin Muhammad bin Abu Bakr.
Tapi, kita dapati para pemeluk agama Syi'ah yang katanya riwayat mereka dari Imam Ja’far as-Shodiq ini, justru terdapat banyak riwayat dusta tentang celaannya kepada kakeknya Abu Bakr Radhiyallaahu 'Anhu !!

Bagaimana di satu sisi beliau membanggakan dirinya dengan kakeknya, tapi di sisi lain beliau malah mencelanya?! Bukankah beliau adalah Ash-Shadiq; jujur dalam ucapannya dan perbuatannya?? Lalu bagaimana dengan pernyataan beliau di atas?? Apakah kalian wahai rafidhah akan mengatakannya sebab taqiyyah?? Bodoh!!

Dan karena ikatan darah yang sangat kuat inilah Imam Ja'far Ash-Shadiq pun sangat mencintai datuk-datuknya, 'Ali bin Abi Thalib dan Abu Bakr Ash-Shiddiq serta orang-orang yang mereka sayangi seperti 'Umar bin Khaththab, 'Utsman bin Affan, 'Aisyah binti Abu Bakr dan lain-lain -Radhiyallaahu 'Anhum- . Dalam berbagai literatur juga disebutkan bahwa Imam Ja'far sangat membenci orang-orang yang membenci Shahabat-Shahabat Rasulullah Shallallaahu 'Alaihi Wasallam tersebut dan orang-orang yang menetapkannya sebagai Imam yang ma'shum.

-----oOo-----


Related Posts

No Response to "Aku Dilahirkan Oleh Abu Bakr [Radhiyallaahu 'Anhu] Dua Kali"

Posting Komentar