Sikap Ali Radhiyallahu 'Anhu Terhadap Penduduk Bashrah [Situasi Akhir Perang Jamal, Nukilan Dari Al-Bidayah Wan-Nihayah]

Oleh : Al-Akh Aditya Riko -Hafizhahullah-

Ali ra. memasuki kota Bashrah pada hari senin empat belas Jumadil Akhir tahun 36 Hijriyah. Penduduk Bashrah membai'at beliau di bawah panji-panji mereka. Sampai-sampai orang-orang yang terluka dan orang-orang yang meminta perlindungan juga membai'at beliau. Abdurrahman bin Abi Bakrah dating menemui beliau dan berbai'at kepada beliau. Beliau berkata kepadanya, "Di manakah orang yang sakit?" -yakni ayahnya-. Abdurrahman menjawab, "la sedang sakit wahai Amirul Mukminin. Sesungguhnya ia ingin sekali bertemu denganmu." Ali ra. berkata, "Tuntunlah aku ke tempatnya." Ali ra. pun pergi menjenguknya. Abu Bakrah -ayah Abdurrahman- meminta udzur kepada beliau dan beliau menerimanya. Ali ra. menawarkannya jabatan sebagai amir Bashrah, namun ia menolak. Abu Bakrah berkata," Angkatlah seorang lelaki dari keluargamu yang dapat membuat tenang penduduk negeri ini. Abu Bakrah mengisyaratkan agar mengangkat Abdullah bin Abbas , maka Ali ra. Pun mengangkatnya sebagai amir kota Bashrah. Lalu menunjuk Ziyad bin abihi sebagai petugas penarik pajak dan penanggung jawab Baitul Mai. Ali ra. memerintahkan Ibnu Abbas agar mendengar saran-saran Ziyad. Pada perang Jamal Ziyad mengasingkan diri dan tidak ikut terlibat dalam peperangan.

Kemudian Ali ra. mendatangi rumah tempat Ummul Mukminin ‘Aisyah ra' singgah. Ali ra. meminta izin kepadanya lalu masuk sembari mengucapkan salam kepadanya dan ‘Aisyah ra. menyambutnya dengan ucapan selamat. Seorang lelaki menyampaikan berita kepada Ali ra., "Wahai Amirul Mukminin, di luar ada dua orang lelaki yang mencaci Aisyah ra." Maka Ali ra. Memerintahkan al-Qa'qa' bin Amru agar mencambuk kedua lelaki itu masing-masing seratus kali cambuk.

Lalu ‘Aisyah ra. bertanya tentang pasukannya yang terbunuh dan pasukan Ali ra. yang terbunuh. Setiap kali disebutkan nama orang-orang yang terbunuh dari kedua belah pihak ‘Aisyah ra. mendoakan rahmat dan kebaikan untuk mereka.

Ketika Ummul Mukminin ‘Aisyah ra. hendak meninggalkan kota Bashrah, Ali ra. mengirim segala sesuatu yang diperlukan untuknya, mulai dari kenda-raan, perbekalan, barang-barang dan lainnya. Dan beliau mengizinkan pasukan Aisyah ra.. yang selamat untuk kembali bersamanya atau jika mau mereka boleh tetap tinggal di Bashrah. Beliau mengirim saudara lelaki ‘Aisyah ra., Muhammad bin Abi Bakar , untuk menyertainya. Pada hari keberangkatan, Ali ra. mendatangi rumah tempat ‘Aisyah ra. menginap, beliau berdiri di depan pintu bersama orang-orang. Kemudian ‘Aisyah ra. keluar dari rumah dalam sedekupnya, beliau mengucapkan selamat tinggal kepada mereka dan mendoakan kebaikan untuk mereka. ‘Aisyah ra. berkata, "Wahai bunayya, janganlah saling mencela di antara kalian. Demi Allah sesungguhnya apa yang telah terjadi antara aku dan Ali ra. hanyalah masalah yang biasa terjadi antara seorang wanita dengan ipar-iparnya. Sesungguhnya, meski aku dahulu mencelanya namun sesungguhnya ia adalah seorang hamba yang terpilih."

Ali ra. berkata, "Ia benar, demi Allah tidak ada masalah yang terjadi antara kami berdua kecuali seperti yang telah disebutkan. Sesungguhnya ia adalah istri nabi kalian , di dunia dan di akhirat."

Kemudian Ali ra. berjalan mengiringinya sampai beberapa mil sembari mengucapkan selamat jalan kepadanya. Peristiwa itu terjadi pada hari Sabtu awal bulan Rajab tahun 36 Hijriyah. ‘Aisyah ra. dan rombongan berangkat me-nuju Makkah kemudian ia menetap di sana hingga musim haji pada tahun itu juga kemudian ia kembali ke Madinah.

Itulah ringkasan kisah yang disebutkan oleh Abu Ja' far Ibnu Jarir dari para ulama sejarah. Tidak seperti yang disebutkan oleh para pengikut hawa nafsu (ahli bid'ah) dari kalangan Syi'ah dan lainnya yang menyebarkan hadits hadits palsu atas nama sahabat. Dan kisah-kisah palsu yang mereka nukil tentang masalah ini. Jika mereka diajak kepada kebenaran yang nyata mereka berpaling sembari berkata, "Bagi kalian sejarah kalian dan bagi kami sejarah kami." Jikalau begitu kami katakan kepada mereka (dengan Firman Allah Ta'ala yang artinya) :

"Kesejahteraan atas dirimu, kami tidak ingin bergaul dengan orang-orang jahil" (Al-Qashash: 55).

[Tahdzib wa tartib kitab al-Bidayah wan Nihayah, Dr. Muhammad bin Shamil as-Sulami]

-----oOo-----



Related Posts

No Response to "Sikap Ali Radhiyallahu 'Anhu Terhadap Penduduk Bashrah [Situasi Akhir Perang Jamal, Nukilan Dari Al-Bidayah Wan-Nihayah]"

Posting Komentar