Oleh : Al-Akh Aditya Riko -Hafizhahullah-
Ini adalah tafsir karangan ulama syiah
al-Sayyid Abdullah Syibr (w 1242 H), pada halaman yang menerangkan
tafsir surat al-Nuur ayat 11 :
إِنَّ الَّذِينَ جَاءُوا بِالْإِفْكِ عُصْبَةٌ مِنْكُمْ لَا تَحْسَبُوهُ شَرًّا لَكُمْ بَلْ هُوَ خَيْرٌ لَكُمْ لِكُلِّ امْرِئٍ مِنْهُمْ مَا اكْتَسَبَ مِنَ الْإِثْمِ وَالَّذِي تَوَلَّى كِبْرَهُ مِنْهُمْ لَهُ عَذَابٌ عَظِيمٌ
إِنَّ الَّذِينَ جَاءُوا بِالْإِفْكِ عُصْبَةٌ مِنْكُمْ لَا تَحْسَبُوهُ شَرًّا لَكُمْ بَلْ هُوَ خَيْرٌ لَكُمْ لِكُلِّ امْرِئٍ مِنْهُمْ مَا اكْتَسَبَ مِنَ الْإِثْمِ وَالَّذِي تَوَلَّى كِبْرَهُ مِنْهُمْ لَهُ عَذَابٌ عَظِيمٌ
Sesungguhnya orang-orang yang membawa berita bohong itu adalah dari
golongan kamu juga. Janganlah kamu kira bahwa berita bohong itu buruk
bagi kamu bahkan ia adalah baik bagi kamu. Tiap-tiap seseorang dari
mereka mendapat balasan dari dosa yang dikerjakannya. Dan siapa di
antara mereka yang mengambil bahagian yang terbesar dalam penyiaran
berita bohong itu baginya azab yang besar.
Dari kitab diatas itu ada yang aneh, yaitu di bagian akhir tafsir ayat 11 al-Nuur tersebut ada titik-titik...Ini kitab tafsir apa soal ujian psikotes ? ^_^
Karena penasaran kita cari-cari informasi terkait masalah ini. Akhirnya ketemu tafsir Syibr tersebut versi online yang dipublish oleh najaf.org. Setelah dilihat pada bagian akhir dari tafsir ayat 11 al-Nuur tersebut, ketemulah jawabannya. Ternyata kalimat inilah yang seharusnya mengisi titik-titik diatas. Voila !!
نزلت في مارية القبطية وما رمتها به عائشة من أنها حملت بإبراهيم من جريح القبطي وقيل في عائشة
Dari kitab diatas itu ada yang aneh, yaitu di bagian akhir tafsir ayat 11 al-Nuur tersebut ada titik-titik...Ini kitab tafsir apa soal ujian psikotes ? ^_^
Karena penasaran kita cari-cari informasi terkait masalah ini. Akhirnya ketemu tafsir Syibr tersebut versi online yang dipublish oleh najaf.org. Setelah dilihat pada bagian akhir dari tafsir ayat 11 al-Nuur tersebut, ketemulah jawabannya. Ternyata kalimat inilah yang seharusnya mengisi titik-titik diatas. Voila !!
نزلت في مارية القبطية وما رمتها به عائشة من أنها حملت بإبراهيم من جريح القبطي وقيل في عائشة
Yang artinya bahwa ayat ini turun berkenaan dengan Mariyah al-Qibthiyah
dan apa yang dituduhkan kepadanya oleh 'Aisyah bahwasanya ia mengandung
Ibrahim dari hasil perselingkuhannya dengan Juraih al-Qibthi dan
dikatakan berkenaan dengan 'Aisyah.
http://www.najaf.org/ arabic/book/28/a338.htm
Note: kalau link najaf diatas itu font-nya tdk terbaca, gunakan browser internet explorer
Lanjut, kemudian apakah pandangan seperti itu merupakan pandangan yang populer di kalangan aliran sesat ini ataukah itu hanya pandangan segelintir saja dari mereka ? Sekarang kita coba lihat tafsir Qummi terkait dengan ayat 11 surah al-Nuur tersebut.
Katanya :
http://www.najaf.org/
Note: kalau link najaf diatas itu font-nya tdk terbaca, gunakan browser internet explorer
Lanjut, kemudian apakah pandangan seperti itu merupakan pandangan yang populer di kalangan aliran sesat ini ataukah itu hanya pandangan segelintir saja dari mereka ? Sekarang kita coba lihat tafsir Qummi terkait dengan ayat 11 surah al-Nuur tersebut.
Katanya :
فان العامة رووا انها نزلت في عائشة وما رميت به في غزوة بني المصطلق من خزاعة واما الخاصة فانهم رووا انها نزلت في مارية القبطية وما رمتها به عايشةء المنافقات
Sesunguhnya golongan umum (Ahli Sunnah) meriwayatkan bahwa
ayat ini turun mengenai 'Aisyah, dan apa yang telah dituduhkan padanya
pada perang bani Musthaliq dari khuza'ah, sedangkan golongan khusus
(syi'ah) meriwayatkan bahwa ayat itu turun berkenaan dengan Mariyah
al-Qibthiyah dan apa yang dituduhkan padanya oleh (عايشةء = 'Aisyah ?)
wanita munafik.
http://www.al-shia.org/ html/ara/books/lib-quran/ tafsir-qommi-j2/9-1.html - hal. 99
Pernyataan al-Qummi tersebut menunjukkan bahwa ayat tsb terkait dengan Mariyah al-Qibthiyah adalah merupakan pandangan umum yang terdapat di dalam golongan "khusus".
Dari sini terlihat bahwa golongan "khusus" ini memang ada yang khusus terang-terangan menunjukkan kebenciannya kepada ummul Mu'minin 'Aisyah Radhiyallaahu 'Anhaa dengan menuduhnya sebagai wanita munafiq penebar berita bohong, dan sebagian lain ada yang khusus menyembunyikan kebenciannya kepada 'Aisyah Radhiyallaahu 'Anhaa dengan cara membuat kitab tafsir ulamanya sendiri menjadi seperti lembar soal ujian psikotes , yaitu mengganti kalimat dengan titik-titik ^_^
http://www.al-shia.org/
Pernyataan al-Qummi tersebut menunjukkan bahwa ayat tsb terkait dengan Mariyah al-Qibthiyah adalah merupakan pandangan umum yang terdapat di dalam golongan "khusus".
Dari sini terlihat bahwa golongan "khusus" ini memang ada yang khusus terang-terangan menunjukkan kebenciannya kepada ummul Mu'minin 'Aisyah Radhiyallaahu 'Anhaa dengan menuduhnya sebagai wanita munafiq penebar berita bohong, dan sebagian lain ada yang khusus menyembunyikan kebenciannya kepada 'Aisyah Radhiyallaahu 'Anhaa dengan cara membuat kitab tafsir ulamanya sendiri menjadi seperti lembar soal ujian psikotes , yaitu mengganti kalimat dengan titik-titik ^_^
-----oOo-----
No Response to "Kitab Tafsir Atau Psikotest ?"
Posting Komentar