Imam 'Ali [Versi Syi'ah] Tidak Tahu Hukum.. Katanya Pintu 'Ilmu?


Oleh : Al-Akh Aditya Riko -Hafizhahullah-

Pertanyaan dari pak Yoga (rivalnya sayyid Kartosuro hehe) : "Buktikan kalau sahabat selain imam ali pintu ilmu.aku adalah kota ilmu,dan ali adalah pintunya.mana dalil kalian kalau sahabat yg lain pernah ada dalam pintu ilmu"
 
-----------------------------------------
 
Tidak usah dari riwayat Ulama Ahlus Sunnah lah ya, sebab anda pun mungkin sudah tahu bahwa Ahlus Sunnah itu mengambil ilmu Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bukan hanya dari Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu 'Anhu, tetapi juga dari para Shahabat Radhiyallahu 'Anhum dan Istri Beliau Shallallahu 'Alaihi Wasallam.

Ini dari Hada'iq al-Nadhirah, Syeikh Yusuf Bahrani :

وعن اسحاق بن عمار في الصحيح عن الصادق (عليه السلام) (٣) قال: " سألته عن المذي فقال ان عليا (عليه السلام) كان رجلا مذاء واستحيى ان يسأل رسول الله (صلى الله عليه وآله) لمكان فاطمة (عليها السلام) فامر المقداد ان يسأله وهو جالس فسأله فقال له ليس بشئ ".

(٣) رواه في الوسائل في الباب ١٢ من نواقض الوضوء.

Dari Ishaq bin Ammar "fi al-shahih" dari al-Shadiq ('alaihissalam) (3), dia (Ishaq) berkata, "Aku bertanya kepadanya (al-Shadiq) mengenai madzi, kemudian dia (al-Shadiq) berkata, "Dulu 'Ali ('alaihissalam) adalah seorang laki-laki yang sering keluar madzi dan dia malu bertanya kepada Rasulullah (shallallahu 'alahi wa aalih) dikarenakan kedudukan Fathimah ('alaihassalam), maka dia menyuruh al-Miqdad untuk bertanya kepada beliau (Rasul) dan beliau sedang duduk maka bertanyalah Miqdad dan beliau menjawab, " bukan apa-apa".

Ref tambahan :
http://www.alrad.net/hiwar/imam/17.htm

Berdasarkan peristiwa diatas, untuk mengetahui hukum madzi, ternyata Imam Ali melalui perantara yaitu Al-Miqdad. Jadi kalau imam Ali adalah pintu kota ilmu, maka Al-Miqdad dalam hal ini sebagai apa ? Yang jelas kalau istilah dalam dunia politik, posisi al-Miqdad disitu sebagai pemilik akses informasi ring-1….Bukan begitu pak ? ^_^

-----oOo-----



Related Posts

1 Response to Imam 'Ali [Versi Syi'ah] Tidak Tahu Hukum.. Katanya Pintu 'Ilmu?

supri yadi
30 Juli 2013 01.11

assalamu'alaikum ustadz, boleh ana bertanya.. tolong ustadz jelaskan sanad yang shahih riwayat diatas untuk ana. karena ada seseorang yang meminta ana untuk menjelaskan sanad nya. jelas ana gak bisa.. secepatnya ya ustadz
atau bisa dikirim ke email ana: supriyadi.mbo.gmail.com

Posting Komentar